Ini 5 Tips Aman Memakai Layanan Jenis Fintech Digital Payment

  • Whatsapp
Ini-5-Tips-Aman-Memakai-Layanan-Jenis-Fintech-Digital-Payment
Foto dari Canva

Fintech merupakan teknologi yang mendukung sistem keuangan masyarakat di berbagai negara termasuk Indonesia. Salah satu jenis fintech yang banyak digunakan di Indonesia adalah digital payment. Layanan ini sudah sangat populer dan hampir semua orang kini menggunakan fitur tersebut untuk menyelesaikan transaksi sehari-hari.

Tips Memakai Digital Payment

Layanan fintech yang satu ini memang membuat kebutuhan transaksi semakin mudah untuk dipenuhi. Layanan ini juga terasa begitu praktis karena mudah digunakan kapan saja dimana saja. Namun, Anda tetap harus berhati-hati saat menggunakan fitur tersebut. Berikut adalah 5 tips aman pemakaian fintech digital payment:

Read More

1. Gunakan Kata Kunci yang Kuat

Untuk bisa mengakses fintech digital payment, Anda harus membuat akun dan kata kunci atau password. Demi menjamin keamanan transaksi Anda melalui layanan digital payment, pastikan untuk membuat password yang kuat dan efektif. Hindari memakai password atau kata kunci yang kombinasinya mudah untuk ditebak oleh orang lain.

Jika Anda menggunakan lebih dari satu layanan digital payment maka usahakan untuk membuat password atau kata kunci yang berbeda. Jangan menggunakan password yang sama untuk mencegah terjadinya peretasan. Jika satu akun Anda berhasil diretas karena orang lain membobol password Anda maka akun di layanan digital payment lainnya masih bisa diamankan.

2. Selalu Rahasiakan OTP

Selain password, data lain yang juga harus dirahasiakan ketika menggunakan fintech digital payment adalah OTP. OTP ini merupakan one time password atau kode rahasia yang hanya bisa dipakai satu kali saja dalam jangka waktu singkat. Biasanya OTP ini dibutuhkan untuk keperluan verifikasi demi alasan keamanan akun.

Jangan pernah membagikan kode OTP Anda kepada orang lain. Selalu jaga kerahasiaan OTP ini demi keamanan akun Anda. Banyak sekali kasus kejahatan digital payment yang terjadi karena kode OTP ini dibagikan kepada orang lain. Begitu menerima OTP segera lakukan input dan tak perlu diperlihatkan pada siapapun.

3. Selalu Cek Saldo

Apabila Anda adalah tipe orang yang rutin menggunakan fintech digital payment, maka jangan lupa untuk rutin mengecek saldo. Jenis fintech satu ini menawarkan kemudahan bagi Anda untuk selalu memantau saldo kapan saja dengan menggunakan aplikasi mobile. Mengecek saldo sama saja memastikan keamanan akun Anda dan untuk memastikan saldo tidak berkurang karena alasan tidak jelas.

4. Cek Riwayat Transaksi

Selain memeriksa saldo, Anda juga disarankan untuk rutin memeriksa riwayat transaksi. Setiap kali melakukan transaksi, cobalah cek riwayatnya. Ini dilakukan untuk memeriksa apakah ada catatan transaksi yang tidak sesuai dengan kebutuhan atau permintaan Anda. Jika ada catatan transaksi yang mencurigakan dan bukan berasal dari Anda sendiri maka segera hubungi call center.

5. Gunakan Layanan Terbaik

Perlu diketahui bahwa layanan fintech digital payment yang bisa Anda gunakan sangat banyak jenisnya. Tentunya setiap layanan digital payment akan menawarkan fitur terbaik demi mempermudah aktivitas transaksi Anda. Pastikan Anda memilih layanan yang paling lengkap dan mudah untuk diakses. Pilih juga layanan digital payment yang terpercaya dan sudah terbukti aman digunakan.

Jenis fintech digital payment ini memang sangat beragam dan begitu praktis digunakan. Jangan sampai terlena dengan kepraktisan tersebut. Tetap berhati-hati saat memakai layanan ini. Apalagi jika Anda berniat untuk mengajukan pinjaman peer to peer lending fintech. Anda juga harus sangat teliti dalam merencanakan pengajuan pinjaman tersebut dan lakukan manajemen finansial yang efektif.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *