Kebutuhan Ibu Hamil Terlengkap yang Wajib Dipenuhi

  • Whatsapp
Kebutuhan-Ibu-Hamil-Terlengkap-yang-Wajib-Dipenuhi
Foto dari Canva Pro

Tidak hanya harus rutin untuk mengecek kandungan, ibu hamil juga harus memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Gizi ini bisa diperoleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Saat ini sudah banyak multivitamin yang bisa memenuhi kebutuhan ibu hamil terlengkap. Tentu saja selain memenuhi kebutuhan, ibu hamil juga harus didukung oleh berbagai perlengkapan khusus.

Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

1. Protein

Kebutuhan gizi yang pertama adalah protein. Protein memiliki peranan penting untuk memperbaiki sel, jaringan, dan otot yang rusak. Bagi ibu hamil, protein ini juga berfungsi meningkatkan suplai darah untuk tubuh. Selama kehamilan, ibu memang membutuhkan produksi darah dengan jumlah hingga dua kali lipat dari biasanya. Kebutuhan protein yang tercukupi akan mendukung tumbuh kembang anak.

Read More

Menurut AKG atau angka kebutuhan gizi, kebutuhan protein ibu hamil adalah sekitar 60-90 gram per hari. Beberapa makanan yang sangat baik untuk dijadikan sumber protein antara lain sayur-sayuran, telur, kacang-kacangan, ikan, dan biji-bijian.

2. Lemak

Meski kerap dianggap buruk untuk tubuh, namun kenyataannya zat ini harus dicukupi oleh ibu hamil. Lemak memiliki peran untuk mendukung proses tumbuh kembang janin, khususnya pada organ mata dan otak. Lemak juga berfungsi memenuhi kebutuhan energi saat ibu menjalani persalinan dengan normal. Beberapa peran lemak yang lain antara lain membesarkan otot rahim, memperbesar jaringan payudara, meningkatkan volume darah, dan memelihara kondisi plasenta.

3. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan zat yang penting sebagai sumber energi tubuh. Zat ini akan diubah menjadi glukosa sebagai sumber utama energi tubuh setelah dicerna. Beberapa bahan makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat antara lain roti gandum, nasi merah, dan kentang. Ketiga bahan ini jauh lebih baik dibandingkan mie, nasi putih, dan roti tawar.

Perlengkapan yang Dibutuhkan Ibu Hamil

1. Multivitamin

Ketika ibu hamil belum bisa memenuhi kebutuhan gizi di atas, mengonsumsi multivitamin bisa sedikit membantu. Multivitamin bisa dikonsumsi satu kali sehari. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu apakah multivitamin tersebut aman untuk ibu hamil atau tidak. Beberapa multivitamin memang memiliki kandungan tertentu yang tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil.

2. Bantal tidur

Memiliki kualitas tidur yang baik adalah sebuah kewajiban untuk ibu hamil. Sayangnya, keadaan mengandung ini sering membuat ibu merasa tidak nyaman saat tidur. Oleh sebab itu, ibu hamil bisa menggunakan bantal tidur, baik yang berbentuk S, C, maupun U. Setelah melahirkan, bantal ini juga akan membantu ibu ketika menyusui bayi nantinya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *