Merawat Jaket Kulit Kesayangan Agar Bebas Jamur dan Awet

  • Whatsapp
Merawat-Jaket-Kulit-Kesayangan-Agar-Bebas-Jamur-dan-Awet
Foto dari Canva

Banyak pria maupun wanita yang menjadikan jaket kulit sebagai fashion statement yang menonjolkan sisi maskulin sekaligus edgy. Meski bahan kulit sejatinya awet, kuat, dan tak mudah robek, namun jamur juga bisa menyerang jika kurang perawatan. Bagaimana perawatan jaket kulit yang benar?

Ini dia tipsnya.

Read More

1. Gantung Menggunakan Hanger Empuk

Harga jaket kulit umumnya berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan bahan kain lainnya, sebab terbuat dari kulit hewan yang diproses sehingga cenderung awet.

Supaya bentuknya tetap baik, gantung di gantungan baju yang empuk, alih-alih yang berbahan kawat atau plastik yang tidak akan kuat menopang berat jaket, bahkan bisa merusak bentuknya.

2. Simpan di Lemari Bersuhu Tepat

Cara merawat jaket kulit supaya awet adalah dengan menyimpannya lokasi yang sejuk dan tidak lembab. Suhu terlalu kering bisa merusak kulit hingga menimbulkan keretakan, sedangkan suhu yang terlalu lembab akan membuatnya jamuran.

Cara menyimpan yang tepat adalah dengan membungkusnya menggunakan kain katun atau kain berserat yang memungkinkan udara masuk. Hindari membungkus dengan plastik karena dapat mengeringkan kulit.

3. Lembutkan Jaket

Jika lama tidak dipakai, bisa menjadikan tekstur kulitnya kering dan kaku sehingga tidak nyaman dikenakan kembali. Karenanya, lakukan langkah-langkah yang bertujuan untuk melembutkan jaket.

Pertama, gunakan pelembut khusus dan aplikasikan seluruh bagian kulit luar, lalu gantungkan semalaman. Cara kedua, Anda bisa meremasnya hingga berbentuk bola, untuk melenturkan teksturnya sebelum dipakai.

4. Cuci dengan Tangan

Cara mencuci jaket kulit yang benar adalah secara manual, bukan dengan mesin pencuci. Menggunakan air saja sebenarnya sudah cukup. Namun jika bernoda, Anda bisa memakai sabun atau deterjen lembut. Tipsnya, tuangkan sedikit saja kemudian gosok hanya pada area yang kotor.

Kucek dengan tangan lalu usapkan kain basah untuk membilasnya, bukan diguyur apalagi direndam di ember. Jemur di tempat teduh, tidak langsung terkena sinar matahari.

Gunakan bantuan kipas angin atau hair dryer dengan panas rendah, jika perlu. Setelah kering, oleskan pelembut jaket supaya hasilnya tidak kaku.

5. Bersihkan dari Jamur

Jika sudah terlanjur terserang jamur, gosok bagian berjamur dengan kain yang sudah dibasahi dengan campuran air dan alkohol yang sudah diperas. Setelah jamurnya hilang, keringkan dengan kain kering sebelum disimpan kembali.

Itulah beberapa cara untuk merawat jaket kulit supaya tidak berjamur dan bisa dipakai hingga tahun-tahun mendatang. Selamat mencoba!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *